Kesehatan

Sabtu, 8 Mei 2021 12:02 WIB

5 Asupan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Berpuasa

Editor: Hadi Ismanto

Oatmeal dan nasi merah baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. (Foto: Dok PMJ News).

PMJ NEWS - Pola makan yang tepat tentu membantu memiliki asupan seimbang meskipun sedang berpuasa. Pasalnya, saat puasa hanya diperbolehkan makan saat sahur dan berbuka.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/5/2021), berikut beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu dipilih saat berpuasa.

1. Nasi Merah
Nasi merah baik dikonsumsi saat puasa. Jenis nasi ini dapat dijadikan sumber karbohidrat. Nasi merah dikenal memiliki kandungan gula yang lebih rendah, sehingga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dari nasi putih.

Nasi merah ini juga kaya akan serat. Anda dapat terhindar dari sembelit dengan mencukupi kebutuhan serat harian. Tentu dalam hal ini nasi merah bisa dijadikan salah satu pilihan sumber serat alami.

2. Oatmeal
Oatmeal atau havermut ini merupakan salah satu rekomendasi makan sumber karbohidrat pengganti nasi putih. Oatmeal terbuat dari gandung untuh yang kaya akan serat. Konsumsi oatmeal setiap hari mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

3. Telur
Selama berpuasa, anda perlu untuk memenuhi asupan protein dalam tubuh. Anda dapat memilih telur untuk memenuhi asupan protein harian saat berpuasa. Dalam sebutir telur, terdapat sekitar 6 gram protein.

Zat kolin yang tinggi pada telur dapat menghindarkan Anda dari resiko terserang kanker payudara. Zat ini juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Kolin membantu perkembangan otak dan memori pada janin.

4. Susu
Susu kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada sekitar 146 kkal energi dalam segelas susu berukuran 250 ml. Asam folat, fosfor, kalium, dan magnesium juga dapat ditemukan dalam susu.

Susu full cream yang dihindari banyak orang justru dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Orang dewasa membutuhkan kurang lebih 1000-1200 mg kalsium perhari. Untuk itu perlu bagi Anda untuk tetap mengonsumsi susu pada saat puasa..

5. Apel
Apel sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Dalam satu buah apel terdapat 80-130 kalori. Mengonsumsi 2 buah apel dapat memberikan Anda rasa kenyang.

Apel juga terkenal memiliki serat yang dapat menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh. Itu mengapa apel berperan baik sebagai pembersih alami gigi.

BERITA TERKAIT