test

News

Rabu, 28 April 2021 13:35 WIB

Yuk, Beralih ke Angkutan Umum! Menhub Perluas Program BTS di Jabodetabek

Editor: Fitriawan Ginting

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Program Buy The Service (BTS) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan diperluas di wilayah Jabodetabek. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan memulai pilot project BTS untuk wilayah Jabodetabek di kota Bogor.

BTS merupakan program subsidi yang berbasiskan skema remunerasi berjangka. Pemerintah memberikan subsidi 100 biaya operasional kendaraan yang diperlukan untuk melaksanakan standar pelayanan minimal yang ditetapkan. Program ini diharapkan dapat mendorong pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum.

"Ini suatu upaya untuk shifting, bergeser dari kendaraan pribadi ke angkutan umum apabila kita memberikan pelayanan lebih baik dan nyaman. Kota Bogor akan menjadi percobaan berikutnya," kata Menhub Budi Karya Sumadi, Rabu (28/4/2021).

"Saya yakin ini bisa membantu agar pengembangan angkutan modern yang massal lebih baik, sehingga cakupan layanan di kotanya lebih baik," sambungnya.

Pemilihan wilayah Jabodetabek, antara lain karena jumlah penduduk yang besar lebih dari 33 juta dengan 88 juta pergerakan setiap hari. Saat ini, layanan bus dengan skema Buy The Service telah ada di lima kota yaitu Palembang, Surakarta, Medan, Yogyakarta dan Denpasar

"Mengacu pada pembangunan jangka menengah, bahwa BTS akan dikembangkan di wilayah Jabodetabek lain, kita harapkan yang kita lakukan di kota Bogor ini dilakukan dengan teliti, baik, dan cermat, serta melibatkan stakeholder," ungkap Budi

BERITA TERKAIT