test

News

Selasa, 20 April 2021 13:20 WIB

Menparekraf Minta Tempat Wisata Terapkan Prokes Ketat Saat Libur Lebaran

Editor: Hadi Ismanto

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno positif Covid-19. (Foto: PMJ News/Instagram)

PMJ NEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meminta agar tempat-tempat wisata lokal harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin di kala libur Lebaran nanti.

Sandi menyebut pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan penerapan PPKM skala mikro dengan baik. Mulai dari membatasi kapasitas wisatawan hingga jam operasional destinasi, hal itu untuk mengantisipasi mobilitas warga karena tidak melakukan mudik.

"Kita perlu antisipasi masyarakat saat menghabiskan waktu libur Lebaran," ujar Sandiaga Uno, Selasa (20/4/2021).

Menurut Sandiaga, keputusan diperbolehkan tempat wisata dibuka kembali dimaksudkan untuk mengisi waktu liburan masyarakat saat pelarangan aktivitas mudik Lebaran 2021.

"Keputusan akhir berada di ranah pemerintah daerah dan Satgas Covid setempat, jika terjadi peningkatan jumlah Covid-19 di daerah tersebut, keputusan untuk menutup destinasi wisata ada di tangan daerah setempat," sambungnya.

Sandi juga menyinggung peran media dalam menyosialisasikan larangan mudik kepada masyarakat agar mematuhi dan menghormati peraturan pemerintah tersebut.

"Media diharapkan bisa menyampaikan kepada masyarakat luas, bahwa keputusan pemerintah untuk meniadakan mudik agar dihormati dan dipatuhi," tuturnya.

"Belajar dari pengalaman mudik tahun lalu dan Nataru (Natal dan Tahun Baru), jumlah peningkatan kasus (Covid-19) saat mudik Lebaran naik 94 persen dan saat libur nataru mencapai 70 persen," imbuhnya.

BERITA TERKAIT