test

News

Rabu, 12 Mei 2021 13:46 WIB

Menparekraf: Jangan Mudik, Berwisatalah dengan Prokes Ketat

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: PMJ News/Instagram @sandiaga).

PMJ NEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno meminta agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan saat mengunjungi kawasan wisata di hari libur Lebaran 2021.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau beberapa destinasi wisata di DKI Jakarta. Mulai Kota Tua hingga finish di Kawasan Ancol Jakarta. Peninjauan tersebut dilakukan terkait aturan pembatasan kapasitas destinasi wisata di berbagai daerah.

"Masyarakat diimbau untuk mematuhi peraturan pemerintah untuk tidak mudik dan seandainya tempat wisata di daerah itu dibuka, maka berwisatalah dengan menerapkan protokol yang ketat," jelas Sandi dalam keterangannya, Rabu (12/5/2021).

Dalam kunjungannya, Sandi melihat langsung prosedur dan alur pengaturan carrying capacity di kawasan Ancol yang dilakukan secara digital. Wisatawan yang ingin berwisata dibatasi jumlahnya hanya 30 persen dan harus melakukan registrasi secara online.

"Saya meninjau beberapa lokasi yang ada di Ancol. Penerapan jumlah pengunjung sebesar 30 persen sudah dipatuhi secara ketat dan disiplin," tuturnya.

"Untuk masuk ke kawasan Ancol ini harus memesan secara daring dan harus menunjukkan KTP DKI Jakarta. Setelah masuk kita lihat penerapan 3M dijaga, ada juga fasilitas testing yang menggunakan GeNose," sambungnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan imbauan mengenai pembatasan jumlah tempat pengunjung di destinasi wisata, pusat perbelanjaan, dan rumah makan.

Disebutkan Anies jumlah pengunjung tempat wisata dibatasi maksimal hanya 30 persen. Pembatasan serupa juga diterapkan untuk pengunjung mal, rumah makan, dan bioskop.

BERITA TERKAIT