test

News

Senin, 19 April 2021 10:50 WIB

Kemenkes Waspadai Penyebaran Virus Covid B117

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: PMJ News/Instagram @kemenkes_ri).

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mewaspadai potensi penyebaran kasus infeksi dari varian baru virus SARS-CoV-2 jenis B117, yang kini menular antar masyarakat atau disebut sebagai transmisi lokal.

"Dari sejumlah varian baru yang masuk di Indonesia, yang kini masuk dalam varian of concern Lembaga Kesehatan Dunia (WHO) adalah B117. Tapi di kita masih rendah," ungkap Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Minggu (18/4/2021) malam.

Diketahui, varian B117 memiliki karakteristik yang lebih dominan sebab tingkat penularannya yang relatif cepat. Oleh karena itu, Budi mengimbau agar masyarakat lebih waspada selagi angka kasus penularan B177 di Indonesia masih sedikit.

Salah satunya, lanjut Budi, dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk ikut dalam program vaksinasi Covid-19 sebagai upaya menjaga kekebalan tubuh dari penularan virus.

Sebelumnya, varian virus asal Inggris itu dibawa oleh pendatang dari Arab Saudi. Dua kasus dilaporkan berada di Kabupaten Karawang(Jawa Barat) berdasarkan pengambilan sampel pada 4 dan 7 Februari 2021 dan satu kasus di Kota Balikpapan (Kalimantan Timur) pada 12 Februari 2021.

"Tapi yang bikin kita khawatir adalah transmisi lokal. Masuknya tidak dari Arab Saudi," ujarnya.

"Kalau transmisi impor lebih gampang jaganya di bandara dan lainnya, tapi kalau transmisi lokal lebih harus diwaspadai penularannya," sambungnya.

BERITA TERKAIT