test

Olahraga

Rabu, 5 Februari 2020 08:03 WIB

Analisa Sepakbola: Empat PR yang Harus Dibenahi Pelatih Mikel Arteta di Arsenal

Editor: Ferro Maulana

Mikel Arteta. (Foto: Dok Net)

PMJ - Jeda musim dingin Liga Utama Inggris akan memberikan masa libur hingga dua pekan bagi para klub peserta.  Arsenal pun dapat menggunakan waktu yang ada untuk mengatasi semua masalah yang mereka miliki.

The Gunners akan menghabiskan masa jeda musim dingin ini dengan melakukan pemusatan latihan di Dubai.  Mikel Arteta berharap dengan langkah tersebut akan memperbaiki sejumlah masalah dan membangun kedekatan pemain.

“Para pemain telah melewati banyak momen sulit. Dua tiga bulan terakhir sulit bagi mereka jadi saya ingin memberi waktu istirahat beberapa hari,” ungkap Mikel Arteta beberapa waktu yang lalu.

Selanjutnya, terdapat empat masalah yang harus segera diselesaikan oleh Arteta pada jeda kali ini.

1. Maksimalkan Jeda

Walaupun kunjungan mereka di Dubai merupakan untuk pemusatan latihan, namun Arteta bisa memaksimalkan jeda musim dingin ini untuk menjaga kebugaran pemainnya. Ia juga harus fokus membangun hubungan yang lebih baik antar pemain terutama mereka yang baru saja didatangkan.

Faktor itu mungkin terjadi mengingat para pemain tidak terbang sendirian. Mereka datang dengan ditemani keluarga untuk menikmati cuaca hangat di Dubai.

2. Fokus Liga Europa

Pasca jeda tersebut, Arsenal akan menjalani jadwal padat Premier League ditambah Liga Europa. Sadar empat besar kian jauh, Arsenal bisa fokus juara Liga Europa. Namun resikonya adalah mereka kesulitan di Premier League.

Selain itu, Arsenal juga tak boleh terus mengalami penurunan di papan klasemen. Mereka saat ini berada di peringkat 10, setidaknya mereka bisa finis enam besar untuk kembali tampil di Liga Europa andai tak bisa mentas di Liga Champions Eropa.

3. Menentukan Pemain di Pos Serang

Sekarang Arteta sedang dipusingkan dengan opsi yang menumpuk untuk lini serang Arsenal. Ada empat pemain yang tengah bersaing yakni Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette, Nicolas Pepe ditambah satu lagi sang rising star Gabriel Martinelli.

Arteta terus mengotak-atik susunan pemain di lini serang. Pada laga imbang kontra Burnley lalu, dia menurunkan kombinasi Aubameyang-Lacazette-Martinelli, dengan pepe harus duduk di bangku cadangan.

Arteta harus menentukan tiga pemain di lini serang. Selanjutnya, ia juga harus mencari pemain lain yang bisa mendukung mereka di belakang. Belum lama ini, Mesut Ozil bisa melakukan tugasnya dengan baik di belakang striker, namun dia masih tidak konsisten.

4. Starter di Lini Belakang

Kehadiran Pablo Mari dan Cedric Soares pada Januari kemarin menambah pilihan di lini pertahanan Arsenal. Sebelumnya ada David Luiz dan Sokratis yang jadi pilihan utama, dengan Shkodran Mustafi sebagai selingan.

Mari bisa jadi sebagai opsi terbaik bagi Arteta saat ini terlebih sang pemain merupakan permintaan langsung darinya. Duet Mari-Luiz bisa jadi andalan setelah Arsenal pulang dari Dubai nanti. (FER).

BERITA TERKAIT