test

Hukrim

Rabu, 17 Maret 2021 18:40 WIB

Ngaku Anggota Polri, Tersangka Pemerasan Wanita BO Diringkus Polisi

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Polda Metro Jaya menggelar perkara kasus penipuan mengaku anggota Polri. (Foto: PMJ News/Yeni).

PMJ NEWS - Polisi menangkap tiga tersangka kasus pemerasan wanita yang dipesan melalui aplikasi MiChat. Dalam melakukan aksinya tersebut, satu pelaku berinisial AS mengaku sebagai anggota Polri di Polda Metro Jaya.

"Tiga orang tersangka diamankan, salah satunya AS yang mengaku sebagai komandan dan berperan menjadi polisi gadungan. Dia menggunakan pakaian (polisi) lengkap dan memiliki kartu dengan pangkat Kompol," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu (17/3/2021).

Barang bukti penipuan polisi gadungan yang diamakan Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News/Yeni).
Barang bukti penipuan polisi gadungan yang diamakan Polda Metro Jaya. (Foto: PMJ News/Yeni).

"Selain AS, kami juga telah mengamankan dua orang lainnya yang membantu dalam aksi tersebut. Masing-masing berinisial KS dan ST yang berperan sebagai sopir atau anak buahnya AS," sambungnya.

Yusri menjelaskan, modus tersangka awalnya memesan wanita melalui aplikasi MiChat yang menawarkan jasa prostitusi. Setelah korban sampai di hotel yang ditentukan, AS menghampiri dan berpura-pura sebagai anggota polisi yang sedang melakukan sidak.

"Setelah korban wanita ini datang, maka AS menghampiri dengan pakaian dinas lengkap dan mengaku sebagai anggota kepolisian. Kemudian, korban dibawa dan dilakukannya lah pemerasan karena terlibat dalam prostitusi online," tuturnya.

Atas perbuatannya, para tersangka akan dijerat dengan Pasal 365 dan Pasal 368 KUHP. Adapun ancaman hukumannya berupa pidana penjara paling lama 9 tahun.

BERITA TERKAIT