test

News

Selasa, 9 Maret 2021 09:04 WIB

Satgas Covid-19 Jamin Tak Ada Sindikat Pemalsuan Vaksin di Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/Setpres).

PMJ NEWS - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menjamin hingga saat ini tidak ada sindikat pemalsuan vaksin di Indonesia. Vaksin yang tiba di Tanah Air juga sudah dipastikan sudah aman.

"Sampai sekarang belum ditemukan sindikat vaksin di Indonesia," tegas Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara virtual, Senin (8/3/2021).

Menurut Wiku, keamanan dan keaslian vaksin dipastikan terjamin karena pembelian vaksin Covid-19 oleh pemerintah dilakukan dengan cara G2G (government to government). Dengan begitu, keaslian vaksin lebih terjamin.

"Meskipun demikian pemerintah tetap mengawasi peredaran vaksin di Indonesia. Pemerintah akan berkoordinasi dengan perusahaan pembuat vaksin untuk memastikan keaslian vaksin," tuturnya.

Wiku mengatakan, vaksin yang digunakan di Indonesia juga harus mendapatkan izin darurat dari pemerintah atau memiliki nomor distribusi dari BPOM dan sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Vaksin yang akan digunakan harus mendapat izin penggunaan dan nomor izin edar dari BPOM dan kehalalan vaksin dari MUI," tukasnya.

BERITA TERKAIT