test

News

Senin, 8 Maret 2021 17:20 WIB

Pasca Malaysia, Toyota Avanza di Indonesia Juga Kena Recall

Editor: Ferro Maulana

Mobil Toyota Avanza. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Toyota jenis Avanza di Indonesia terkena penarikan kembali (recall) karena ditemukan masalah pada pompa bahan bakar (fuell pump).

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi menegaskan, informasi recall Toyota Avanza di Indonesia didapatkan dari Toyota Global.

"Benar dan kami baru dapat informasi itu dari Toyota global. Mereka mengumumkan adanya recall di beberapa negara Asia termasuk Indonesia ya," terang Anton menegaskan kepada wartawan, dalam siaran persnya secara tertulis, di Jakarta, Senin (8/3/2021).

Anton melanjutkan, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait. 

"Saat ini kami masih terus berkoordinasi kepada manufacturing, dealer dan principal untuk mencari tahu model apa saja yang terindikasi masalah ini," sambungnya.

Tak berhenti di situ, TAM juga tengah mencari tahu berapa jumlah Toyota Avanza yang terdampak, sampai ketersediaan spare part untuk mobil-mobil yang akan diperbaiki dan program yang akan disajikan.

"Kami masih mencari tahu berapa banyak model yang terdampak di Indonesia, rata rata ada dimana. Berikutnya, kesiapan partnya dan lain-lain untuk segera mengambil tindakan dan membuat program," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 3.923 unit Toyota Avanza di Malaysia terkena penarikan kembali (recall) karena masalah pada pompa bahan bakar.

Kendala pompa bahan bakar tiba-tiba berhenti bekerja dan menyebabkan peringatan panel instrumen engine check menyala.

Bila kerusakan tersebut dibiarkan, kemungkinan bakal mempengaruhi performa mesin dan mesin bisa mati mendadak serta mobil akan sulit dihidupkan.

BERITA TERKAIT