test

News

Minggu, 7 Maret 2021 15:35 WIB

Kemenkes: Virus Corona B117 Bisa Dideteksi dengan Tes PCR dan Swab Antigen

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Satgas Covid-19 Antisipasi Munculnya Varian Virus Corona Baru AY.4.2. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Terdeteksinya varian virus baru Corona B117 di Indonesia memang cukup meningkatkan kekhawatiran di tengah masyarakat. Kendati tidak menyebabkan kondisi buruk pada pasien, virus ini penularan varian virus ini cukup cepat.

Menyikapi kondisi ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan masyarakat agar tidak khawatir secara berlebihan. Pasalnya, virus Corona B117 ini masih bisa dideteksi melalui tes swab di Indonesia.

"Virus ini jelas lebih mudah menular, dan lebih mudah ditularkan ke orang lain dalam jumlah yang lebih besar," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes, dr Slamet MHP dalam keterangannya, Minggu (7/3/2021).

"Sampai saat ini, belum ada data yang dapat membuktikan bahwa virus tersebut lebih parah. Namun yang jelas, masih dapat dideteksi dengan tes swab PCR dan swab antigen," sambungnya.

Selain ters PCR dan swab antigen, lanjut Slamet, diperlukan tes khusus secara menyeluruh untuk memastikan seseorang telah terinfeksi virus B 117 atau tidak.

"Tapi, bukan hanya melalui tes swab saja, pendeteksian apakah seseorang tersebut terpapar B 117, itu juga harus dilakukan pengecekan melalui whole genome sequencing secara menyeluruh," tukasnya.

BERITA TERKAIT