test

Kesehatan

Kamis, 25 Februari 2021 09:45 WIB

5 Manfaat Konsumsi Nasi untuk Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Beras kaya nutrisi dan memiliki senyawa tumbuhan yang besar. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Nasi menjadi makanan pokok hampir separuh penduduk dunia. Sejatinya Oryza, nama ilmiah dari beras secara umum bermanfaat menyehatkan tubuh. Beras merah atau putih, memiliki manfaat tersendiri.

Beras kaya nutrisi dan memiliki senyawa tumbuhan yang besar. Dengan mengonsumsi nasi secara teratur dengan takaran yang pas dapat meningkatkan kesehatan.

Seperti dilansir dari laman Times Now News, Kamis (25/2/2021), berikut lima manfaat luar biasa nasi bagi kesehatan tubuh.

1. Sumber energi
Nasi adalah sumber energi yang baik dan instan. Saat mengonsumsinya, karbohidrat yang ada dalam nasi diubah menjadi energi dan membantu meningkatkan tingkat energi kita.

Nasi tidak hanya membuat tubuh tetap energik namun juga membuat pikiran terus fokus tanpa merasa lelah.

2. Baik untuk pencernaan
Makan nasi adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan usus. Nasi kaya serat yang mengurangi sembelit dan bekerja sebagai diuretik alami. Beras mengatur sistem pencernaan Anda dan membuang semua racun dari tubuh.

3. Mengurangi resiko obesitas
Beras membantu dalam manajemen berat badan. Semangkuk nasi yang sehat dapat membantu Anda mengurangi lemak dari tubuh Anda.

Nasi mengandung kadar natrium dan kolesterol yang rendah sehingga bisa mencegah penambahan berat badan. Nasi kaya serat sehingga tidak berdampak negatif pada berat badan, malah bisa mencegah obesitas.

4. Baik untuk kesehatan jantung
Mengonsumsi nasi sebagian besar dapat meningkatkan kesehatan jantung. Nasi memiliki sifat anti-inflamasi dan rendah kolesterol.

Minyak dedak padi adalah sumber yang baik untuk memastikan jantung yang sehat. Nasi juga memiliki sifat antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

5. Mengontrol tekanan darah dan gula darah
Jika Anda menderita hipertensi dan diabetes, nasi adalah makanan yang tepat untuk Anda. Mengonsumsi nasi khususnya nasi merah bisa membantu melawan tekanan darah tinggi juga menurunkan kadar gula darah.

Jika seseorang yang menderita kedua kondisi kesehatan tersebut tentu dianjurkan untuk mengonsumsi satu mangkuk nasi setiap hari.

BERITA TERKAIT