test

News

Rabu, 24 Februari 2021 14:25 WIB

Sebanyak 37.792 Korban Banjir Citarum Masih di Lokasi Pengungsian

Editor: Fitriawan Ginting

Korban tanggul jebol citarum mengungsi. )Foto ; PMJ/Yen).

PMJ NEWS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan data terkait korban pengungsian warga yang terjadi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Total sebanyak 37.792 warga masih berada di lokasi pengungsian.

Henri Lincoln selaku Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi mengatakan, selain mendirikan 55 posko pengungsian, pemerintah daerah juga telah menyediakan dapur umum di 12 titik untuk memenuhi kebutuhan logistik warga.

”Untuk posko kesehatan ada di 6 titik di wilayah Pebayuran yang berdekatan dengan tanggul jebol,” kata Henri, Rabu (24/2/2021).

Ia menyampaikan, banjir yang sempat melanda 19 kecamatan di Kabupaten Bekasi secara umum sudah mulai surut. Semisal di Kecamatan Cikarang Timur dan Kedungwaringin.

”Ketinggian air yang pada awalnya ada yang mencapai 250 cm saat ini tersisa sekitar 20-30 cm, dan masih dalam penanganan petugas gabungan di lokasi itu,” jelasnya.

Limpahan air dari jebolnya tanggul Citarum di Pebayuran saat ini berpindah ke wilayah Kecamatan Cabang Bungin karena ada tanggul irigasi yang jebol. Saat ini, yang tergenang banjir itu Cabangbungin. Dari 9 desa sudah 7 desa yang tergenang. Bahkan ada 3 desa yang banjirnya cukup parah.

”Secara umum wilayah Pebayuran mulai surut,” ungkap Henri.

BERITA TERKAIT