test

News

Jumat, 5 Februari 2021 13:40 WIB

Jokowi Sambut PM Malaysia dengan Tarian Gamelan dan Kuliner Rendang

Editor: Ferro Maulana

Perbincangan hangat antara Presiden Jokowi dengan PM Malaysia

PMJ NEWS - Istana Merdeka mendapat kunjungan kenegaraan dari Perdana Menteri (PM) Malaysia ke-8 Tan Sri Muhyiddin Yasin. PM Malaysia, disambut hangat Presiden Joko Widodo. Adapun, kedatangan Tan Sri Muhyiddin ke Indonesia merupakan kunjungan luar negeri pertama sejak ia menjabat sebagai PM Malaysia sejak Maret 2020.

Menurut tradisi Negeri Jiran, Indonesia selalu menjadi negara pertama yang dikunjungi. Tak seperti biasanya, kedatangan PM Muhyiddin ini disambut dengan tari-tarian diiringi musik gamelan. Ia didampingi Presiden Jokowi langsung, dimana mereka saling memperkenalkan delegasi masing-masing negara.

Tak hanya disambut dengan iringan musik khas Nusantara, PM Malaysia juga dijamu makanan paling terkenal khas Indonesia yaitu rendang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartoo dalam keterangan pers secara virtual dari Istana Kepresidenan.

"Menu rendang, khas Indonesia yang tentu juga harus dinikmati oleh tamu negara. Dan menu lain yanng semua bernuansa panas, hangat," ungkapnya.

Santap siang telah dilakukan usai melaksanakan salat ibadah Jumat. Heru juga menyampaikan jamuan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Heru menjelaskan semua sajian disediakan langsung di meja dan sudah melewati proses sterilisasi, termasuk juga alat makan.

Tamu negara akan mengambil makanan secara mandiri atau tidak dilayani, sebagai bagian dari penerapan prokes ketat itu. "Jamuan semua yang melakukan santap siang. Semua mandiri tidak ada yang melayani, semua tersaji di meja makan, semua steril," tutur Heru.

"Ada garpu, piring segala macam disiapkan di tempat steril pemanas. Nanti masing-masing mengambil sendiri. Itu khas saat pandemi," sambung Heru menutup pembicaaraan.

 

BERITA TERKAIT