test

Politik

Senin, 14 Oktober 2019 15:35 WIB

Resmikan Pengoperasian Palapa Ring, Jokowi Ingatkan Bahaya Teknologi

Editor: Redaksi

Jokowi dalam satu kegiatan. (foto: IG @sekretariat.kabinet)

PMJ – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama jajaran menteri Kabinet Kerja meresmikan pengoperasian Palapa Ring atau yang biasa disebut tol langit di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (14/10/2019).

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36 ribu Km. dalam acara peresmian tersebut, Jokowi mengingatkan betapa bahayanya perkembangan teknologi digital yang terus berkembang

"Hati-hati, perilaku kita bisa ketahuan, perilaku satu kabupaten, satu provinsi, satu negara bisa ketahuan dari sini," kata Jokowi di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Jokowi menuturkan bahwa melalui teknologi digital, semua hal bisa diketahui dengan mudah. "Riset selera konsumen keliatan, senengnnya apa. Orang Indonesia senengnya apa? Kalau makan sukanya makan apa? Ngerti semua dari sini," terangnya.

Jokowi menuturkan bahwa kehadiran teknologi digital juga bisa dimanfaatkan negara lain untuk mengintip seberapa besar peluang bisnis di Indonesia. "Jangan sampai data kita, selera konsumen, selera pasar diketahui oleh negara lain, sehingga mereka bisa merecoki kita dengan produk-produk sesuai selera yang kita inginkan. Hati-hati," tegasnya.

"Pemerintah pun bisa memanfaatkan big data ini, untuk telaah kebijakan. Sebagai contoh, adanya aplikasi yang bisa membantu pemerintah menjajaki kebijakan dan menghitung resiko resikonya," pungkasnya. (BHR)

BERITA TERKAIT