News

Rabu, 3 Februari 2021 15:25 WIB

Polri Presisi Penegakan Hukum, Kapolri Sowan ke Kejaksaan Agung

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Mardiansyah

Kapolri Jenderal Listyo Sigit berikan keterangan. (Foto : PMJ/Adi).

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menemui Jaksa Agung RI ST Burhanuddin di Kantor Kejaksaan Agung RI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/2/2021).

Kunjungan dilakukan Kapolri dengan Jaksa Agung dalam hal membahas rancangan kerjasama di bidang penegakan hukum. Salah satu rencana kerjasama itu terkait proses perlengkapan berkas perkara.

Menurut Listyo Sigit, Jaksa Agung telah mendukung proses pemberkasan perkara yang dilakukan oleh tim penyidik Polri, apabila dinyatakan belum lengkap atau P19 cukup satu kali. Dengan adanya seperti itu, perkara itu dalam waktu cepat diproses di pengadilan.

"Pada saat kasus dibawa ke Kejaksaan untuk diberikan petunjuk maka tidak lagi terjadi bolak-balik perkara dan beliau mensupport. Sehingga cukup satu kali (P19) dan setelah itu kemudian bisa segera dilengkapi," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri saat berkunjung ke Kejaksaan Agung. (Foto ; PMJ/Adi).
Kapolri saat berkunjung ke Kejaksaan Agung. (Foto ; PMJ/Adi).


"Sehingga berkas-berkas bisa langsung dikembalikan untuk bisa P21 (dinyatakan lengkap) dan segera disidangkan," sambungnya.

Selain itu, Kapolri juga membahas terkait pelayanan publik soal proses penanganan kasus secara daring atau online.

"Pada saat masyarakat ingin melihat bagaimana proses penanganan kasusnya ada satu aplikasi khusus yang masyarakat bisa mengikuti. Seandainya di kepolisian cukup dengan masuk di aplikasi tersebut itu bisa mengikuti proses kasus tanpa kemudian harus datang," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Jaksa Agung Burhanuddin menegaskan pihaknya akan terus menjalin kerjasama dan berkomitmen dengan Polri. Dirinya menyebut kerjasama Korps Adhyaksa dan Bhayangkara telah terjalin sejak lama.

"Ini sudah kami lakukan sejak beliau sebelum jadi Kapolri. Hari ini adalah tonggak sinergitas kami lebih ditingkatkan lagi. Itu makna kehadiran beliau hadir pada hari ini," kata Burhanuddin.

BERITA TERKAIT