test

Kesehatan

Rabu, 3 Februari 2021 07:07 WIB

Lama Tatap Layar HP dan Laptop, Waspada Terkena Penyakit Screen Fatigue

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Terlalu lama menatap layar Hp dan laptop. (Foto: Dok Net).

PMJ NEWS -  Akibat pandemi Covid-19, sebagian besar aktivitas baik itu pendidikan maupun pekerjaan mulai dilakukan secara daring (online) melalui layar ponsel maupun laptop. Tak jarang, kondisi tersebut membuat banyak orang mulai merasa jenuh bahkan mengeluh akan kesehatan matanya.

Jika Anda sering menatap layar ponsel atau laptop terlalu lama, dan merasa pusing hingga sakit kepala, maka Anda wajib berhati - hati. Alasannya, bisa saja yang Anda alami merupakan penyakit “Screen Fatigue”.

Dilansir melalui wecare.id, Screen Fatigue merupakan salah satu tanda kelelahan mata yang biasanya disebabkan oleh paparan jangka panjang karena terlalu lama dan sering menatap layar laptop maupun ponsel.

Beberapa gejala orang yang mengalami Screen Fatigue antara lain, sakit kepala, pusing, vertigo, mata berair atau kering, penglihatan kabur, hingga kesulitan saat membuka mata.

Dampak terlalu lama menatap layar Hp dan laptop. (Foto: Dok Net).
Dampak terlalu lama menatap layar Hp dan laptop. (Foto: Dok Net).

Tentunya, meskipun bersifat sementara, jika dibiarkan terlalu lama akan berakibat fatal pada kesehatan mata.

Bagi Anda yang sedang mengalami atau ingin mencegah Screen Fatigue, berikut merupakan cara yang bisa dilakukan:

Atur Jarak Layar dan Pencahayaan

Tips yang pertama ini adalah dengan mengatur jarak layar agar tak terlalu dekat dengan mata. Selain itu, sesuaikan juga pencahayaan pada layar dan usahakan untuk tidak menatap layar smartphone maupun laptop pada kondisi ruangan yang redup.

Sering Berkedip

Screen Fatigue biasanya akan membuat mata lebih kering dibandingkan biasanya. Maka dari itu, sebaiknya anda tidak lupa untuk mengedipkan mata, hal ini dilakukan demi menjaga kelembaban mata dan membuatnya lebih jernih.

Mengistirahatkan Mata

Masuk ke tips yang terakhir adalah dengan memberikan waktu istirahat pada mata. Anda bisa mencoba aturan 20-20-20 yaitu dimana anda bisa mengalihkan pandangan ke arah atau objek lain sejauh 20 kaki dalam waktu 20 detik saja. Lakukan per 20 menit sekali ya!

Itulah berbagai tips agar mata terhindar dari Screen Fatigue. Apapun kondisinya, selalu ingat untuk menjaga kesehatan mata ya.

BERITA TERKAIT