test

Politik

Rabu, 16 Oktober 2019 12:49 WIB

Sri Mulyani: Prediksi Perdagangan Menunjukkan Situasi Adanya Risiko

Editor: Redaksi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (fofo: IG @smindrawati)

PMJ – Dampak signifikan dari perlambatan ekonomi global di tengah perang perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan China menjadi perhatian serius pemerintah. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan bahwa pemerintah serius mengikuti kondisi global dimana Dana Moneter Internasional atau IMF sudah memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi global.

"Kita tidak boleh meremehkan (perlambatan) ekonomi global, dampak signifikan dalam lipatan globalisasi. Di area tengah, prediksi perdagangan menunjukkan situasi adanya risiko," kata Sri Mulyani di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/10/2019).

Sri Mulyani menuturkan, situasi global saat ini sangat fluktuatif dan dalam beberapa tahun terakhir proteksionisme perdagangan AS dan China juga berdampak ke negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). "Tensi ini merusak kemajuan sosial ekonomi,” terangnya.

“Kondisi ini membuat kondisi semakin sulit dan berlanjut pada 2019. Situasi ini dinamis, risiko, kemarin IMF merevisi pertumbuhan ekonomi global dari 3,2% menjadi 3,0%, merevisi turun perkiraan ekonomi global," sambung Sri Mulyani. (BHR)

BERITA TERKAIT