test

Politik

Kamis, 17 Oktober 2019 17:01 WIB

Perang Dagang Membuat Banyak Barang China Masuk ke Indonesia

Editor: Redaksi

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat membuka ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2019. (foto: IG @jusufkalla)

PMJ – Saat menjadi pembicara kunci dalam sebuah dialog bersama dengan 100 ekonom di The Westin Hotel, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjelaskan kenapa banyak barang impor China yang masuk ke Indonesia.

JK menjelaskan bahwa perang dagang menjadi salah satu penyebab utamanya. "Tahun ini terjadi perang dagang. Perang dagang efeknya muncul barang-barang buatan China. Produk China akan terjadi over (berlebih) maka akan menjual ke negara lain termasuk Indonesia," ungkap JK di The Westin Hotel, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Salah satu impor dari China yang banyak masuk ke Idnonesia adalah tekstil. Banyaknya impor tekstil ke Indonesia bahkan telah menyebabkan pabrik di Jawa Barat dan sekitarnya mengalami berbagai masalah hingga hamper gulung tikar.

Bukan hanya tekstil, JK juga menjelaskan bahwa banyak barang buatan China lainnya sudah ada di mana-mana. "Saya check up di rumah sakit, lihat alkohol, obat semua buatan dari China. Kalau tidak Vietnam. Dan hanya sesekali Indonesia. Tidak seimbang daya saingnya," ujarnya. (BHR)

BERITA TERKAIT