test

News

Kamis, 28 Januari 2021 20:32 WIB

Menag Yakin Kapolri Bisa Jalin Silaturahmi dengan Tokoh Agama

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) memberikan apresiasi atas dilantiknya Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

Gus Yaqut juga menyatakan Kementerian Agama akan meningkatkan kerja sama dengan pihak kepolisian, terutama dalam rangka memberikan perlindungan keamanan agar masyarakat dapat menjalankan kegiatannya dengan tenang.

"Kami menyampaikan selamat kepada Pak Jenderal Listyo Sigit Prabowo, semoga amanah yang diemban bisa terlaksana dengan baik hingga akhir," ungkap Gus Yaqut dalam keterangannya, Kamis (28/1/2021).

Menag yakin Kapolri bisa menjalin silaturahmi yang hangat dengan para tokoh agama di Indonesia. Peran tokoh agama ini penting karena sangat efektif dalam membantu mewujudkan keamanan masyarakat.

Menurut Gus Yaqut, tekad dan komitmen Listyo akan membawa perubahan lembaga kepolisian lewat kinerja yang presisi, transparan, dan berkeadilan. Termasuk nantinya akan memberikan dampak positif terhadap umat beragama di Indonesia.

“Tak hanya itu, langkah ini juga efektif untuk mencegah aksi kekerasan dan terorisme yang kerap kali memanfaatkan balutan agama,” tuturnya.

"Namun demikian, kita tidak memungkiri ada satu dua kasus yang berupaya mencederai kerukunan tersebut. Untuk itu, kami sangat berharap Pak Listyo Sigit bisa bersama-sama dengan kita semua mewujudkan toleransi beragama agar terus kokoh," tuturnya.

Menag Yaqut juga mengapresiasi kebijakan Listyo yang akan memberikan ruang bagi para siswa dari madrasah dan pondok pesantren untuk masuk sebagai anggota Polri. Ia menilai kini Polri semakin adaptif dengan potensi dan kebutuhan zaman.

"Anak-anak berprestrasi dari lembaga pendidikan keagamaan kita ini banyak dan perlu diberikan atensi dari pemerintah," tukasnya.

BERITA TERKAIT