test

Politik

Sabtu, 19 Oktober 2019 09:13 WIB

Pemerintah Lakukan Pemugaran 2 Bandara di Jawa Tengah

Editor: Redaksi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: instagram @budikaryas)

PMJ – Pemerintah akan mempercantik dua bandara di Provinsi Jawa Tengah, yakni Bandara Ngloram di Kabupaten Blora dan Bandara Dewadaru di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa pemerintah secara intensif melakukan upaya pembangunan konektivitas di daerah.

"Daerah-daerah tersebut pasti memenuhi kriteria bagi suatu syarat untuk dibangunnya bandara, misalnya ada jarak, populasi, potensi daerah di tempat itu," ungkap Budi Karya di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (18/10/2019) kemarin.

Budi menjelaskan bahwa pemugaran Bandara Dewadaru dilakukan untuk mendukung destinasi wisata di kawasan Kepulauan Karimunjawa. Diharapkan potensi wisata di daerah tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal.

"Sedangkan Ngloram kita tahu itu daerah (tambang) minyak ya, sehingga traffic bisa tinggi sekali. Membantu kemudahan investor untuk berinvestasi di daerah Cepu, Blora, dan Bojonegoro," terang Budi.

Bandara Ngloram sebelumnya merupakan milik PT Pertamina dan saat ini aset tersebut telah dihibahkan kepada Kementerian Perhubungan meski belum beroperasi sejak diserahterimakan. "Kita harus memperpanjang (runway) memperlebar, dan membuatkan akses. Kalau Dewadaru di Karimun sudah [operasi], tapi masih kecil, masih belum begitu baik," pungkasnya. (BHR)

BERITA TERKAIT