test

Politik

Minggu, 20 Oktober 2019 16:14 WIB

Sah! Jokowi-Maruf Amin Resmi Menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI

Editor: Redaksi

Setelah pelantikan, Presiden Jokowi sampaikan pidatonya. . (foto: Ist)

PMJ - Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin telah resmi dilantik. Jokowi dan Marud Amin mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

Jokowi mengucapkan sumpah terlebih dahulu dan dilanjutkan oleh Ma'ruf Amin. "Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” ucap Jokowi.

Maruf Amin saat membaca sumpah jabatan. (foto: Ist)

“Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap sambungnya.

Selanjutnya, Ma'ruf juga mengucapkan sumpah sebagai wakil presiden RI dan dengan itu, Jokowi-Ma'ruf resmi menjadi Presiden-Wapres 2019-2024. Keduanya kemudian menandatangani berita acara pelantikan.

Jokowi dan Maruf Amin menandatangani berita acara pelantikan. (foto: Ist)

Sidang paripurna pelantikan Jokowi-Ma'ruf ini dihadiri 16 pejabat dari berbagai negara sahabat, mulai dari kepala negara hingga utusan. Pelantikan juga dihadiri Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. (BHR)

BERITA TERKAIT