test

News

Kamis, 21 Januari 2021 11:40 WIB

Soal Rencana Mogok Pedagang, Mentan Jamin Stok Daging Aman

Editor: Hadi Ismanto

Pemerintah jamin stok daging sapi dan kerbau. (Foto: PMJ News/Hadi).

PMJ NEWS - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengimbau masyarakat tak khawatir dengan kelangkaan pasokan daging. Ia memastikan stok daging sapi dan kerbau di pasar aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan menyusul adanya rencana aksi mogok yang akan dilakukan pedagang daging di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Rencana mogok tertuang pada surat edaran Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) bernomor 08/A/DPD-APDI/I/2021. Aksi ini dipicu oleh tingginya harga daging di pasaran sejak awal 2021.

"Jika kenaikan harga terjadi, Kementan siap koordinasi dengan Kemendag untuk mengontrolnya," ujar Mentan Syahrul dalam keterangannya, Kamis (21/1/2021).

Diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta akan mengantisipasi rencana mogok jualan pedagang daging sapi di wilayah Jabodetabek. Diketahui, aksi mogok ini buntut dari tingginya harga daging sejak awal tahun.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati menyebut pihaknya menyiapkan alternatif daging beku mogok jualan dilakukan selama tiga hari mulai Rabu (20/1/2021).

"Jika aksi mogok tersebut benar-benar terjadi, kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam rangka alternatif penyediaan daging sapi beku," ujar Elly dalam keterangannya.

BERITA TERKAIT