test

News

Senin, 18 Januari 2021 12:35 WIB

Gempa Bumi di Sulbar, Satgas Covid-19 Adakan Alat Tes Cepat ke Pengungsian

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Mardiansyah

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI (Foto: PMJ News/Youtube BNPB).

PMJ NEWS - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, akan memberikan alat tes cepat antigen untuk memeriksa dan mengecek terkait ada tidaknya penularan Covid-19 di lingkungan pengungsian korban gempa Sulawesi Barat (Sulbar).

“Nanti akan kita lakukan proses tes swab antigen, yang mana untuk menjamin para pengungsi tidak terdampak Covid-19,” kata Doni, Minggu (17/1/2021).

Apabila dalam hasil tes swab antigen itu ditemukan ada yang terpapar Covid-19, maka warga tersebut akan mendapatkan tindak lanjut dari pihak Dinas Kesehatan setempat.

Dia juga menuturkan untuk melakukan penanganan pengungsian yang terdampak gempa agar dipisahkan antara kelompok dengan usia muda guna mencegah penularan dan mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19.

Untuk diketahui sebelumnya, Pada Sabtu, 16 Januari 2021 sekitar pukul 06.32 WIB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan kembali bahwa telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 di Kabupaten Majene.

BERITA TERKAIT