Kesehatan

Rabu, 13 Januari 2021 15:18 WIB

Di Depan Anggota DPR RI, Menkes: Vaksin Ini Public Good

Editor: Fitriawan Ginting

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto : PMJ/Dok Sekpres).

PMJ NEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengajak semua pihak untuk mau melaksanakan vaksinasi demi kesehatan bersama dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Ia iuga mengajak Anggota DPR RI untuk melaksanakan hal tersebut, menyusul pernyataan Anggota Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning yang menolak divaksin.

"Tadi saya inget, kemarin, ada anggota dewan yang menyatakan ke saya, ini kan public good ya, jadi musti dipastikan, karena dibeli oleh uang negara, hati-hati bener pemakaiannya, karena ini adalah barang milik publik," jelas Menkes Budi saat raker bersama Komisi IX DPR RI di gedung MPR/DPR RI, Rabu (13/1/2021).

Ia menerangkan, vaksin Covid-19 di Indonesia merupakan barang publik (public good) yang baik untuk masyarakat luas. Vaksinasi dimaksudkan untuk melindungi semua orang dengan terciptanya herd immunity di masyarakat.

“Vaksin ini sepemahaman saya, selain dia publik good dari definisinya sebagai barang, dia juga ada publik good definisinya sebagai fungsi, dalam arti ini diberikan publik goods for the good untuk publik," kata Budi Gunadi.

"Karena memang vaksinasi ini, Bapak Ibu, bukan hanya untuk melindungi diri kita pribadi, tapi ini juga untuk melindungi keluarga kita, melindungi tetangga-tetangga kita, melindungi rakyat Indonesia dan melindungi manusia di seluruh dunia. Karena memang target vaksinasi adalah herd immunity. Kalau memang tidak tercapai, ya itu tadi, fungsi dari good for the public nya itu tidak pas," urainya lagi.

Budi mengajak para anggota DPR RI untuk menjadikan vaksin sebagai kebaikan bagi masyarakat (do good for the public). Meski demikian ia mempersilakan anggota DPR untuk menentukan keputusannya terkait vaksinasi Covid-19 ini.

"Adalah tugas kami untuk bisa meyakinkan, mengajak bapak ibu untuk bersama-sama menunaikan fitrahnya kita sebagai manusia untuk do good for the public, tapi memang itu kembali juga ke Bapak Ibu sekalian," ungkapnya.

"Tapi tugas kami untuk memastikan bahwa kita bisa ajak, kita bisa yakinkan Bapak Ibu untuk melakukan ini bukan hanya untuk melindungi diri kita, tapi melindungi keluarga tetangga kita seluruh rakyat Indonesia dan seluruh umat manusia di dunia karena memang fungsinya untuk mengejar herd immunity menahan pandemi ini," tutup Budi Gunadi.

BERITA TERKAIT