test

News

Selasa, 26 Januari 2021 19:01 WIB

Kemenkes Hadirkan Aplikasi Cek Ketersedian Tempat Isolasi ICU Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Kemenkes hadirkan aplikasi SINARAP untuk cek ketersedian tempat tidur isolasi ICU Covid-19. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Rawat Inap RS Rujukan Covid-19 (SIRANAP RS). Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengecek ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU (Intensive Care Unit) Covid-19 di rumah sakit seluruh Indonesia.

"Informasi yang ada di SIRANAP disajikan secara realtime dan diupdate secara langsung oleh rumah sakit," tulis Kemenkes melalui unggahan dilaman Twitter resminya, @KemenkesRI, Selasa (26/1/2021).

Aplikasi SIRANAP RS saat ini telah tersedia dan bisa diunduh secara gratis di Play Store. Dari penelusuran, aplikasi tersebut merupakan versi 1.2 dan terakhir diperbarui pada 21 Januari 2021.

"Hadirnya aplikasi ini diharapkan kian mempermudah akses informasi seputar ketersediaan tempat tidur di RS," tambah postingan Kemenkes.

Untuk mengunduh aplikasi SINARAP ada beberapa tahap yang harus dilakukan, berikut penjelasannnya:

Pertama, di halaman awal, akan muncul opsi "klik di sini". Setelah opsi ini dipilih, akan muncul pilihan provinsi dan kabupaten/kota. Pengguna tinggal memasukkan daerah yang diinginkan.

Kedua, pilih opsi pertama "cari rumah sakit". Ada juga opsi kedua "cari rumah sakit terdekat". Tapi, opsi kedua ini meminta izin untuk mengakses lokasi perangkat elektronik dari pengguna.

Setelah opsi ini dipilih, maka akan muncul daftar rumah sakit, alamat, dan nomor telepon. Masing-masing rumah sakit menyediakan opsi "tempat tidur".

Keempat, barulah semua informasi soal ketersediaan tempat tidur tersedia. Mulai dari ICU tekanan negatif dengan ventilator, tanpa ventilator, NICU khusus Covid, hingga PICU khusus Covid.

Pada masing-masing pilihan tempat tidur, ada jam dan tanggal data tersebut diperbarui terakhir kali.

BERITA TERKAIT