Kesehatan

Rabu, 13 Januari 2021 10:02 WIB

Jangan Ragu, Ini Deretan Manfaat Vaksinasi Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Vaksin Covid-19. (Foto:PMJ News/doknet)

PMJ NEWS - Pemberian vaksin dinilai sebagai salah satu upaya paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari setahun.

Beruntung bagi Indonesia, kini telah tersedia jutaan vaksin telah tiba di Tanah Air. Program vaksinasi pun sudah dipersiapkan dan akan dimulai pada 13 Januari 2021.

Sekedar mengingatkan masyarakat, ternyata ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika Anda mendapat vaksin Covid-19. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/1/2021), berikut deretan manfaat vaksinasi.

1. Menciptakan respons antibodi
Manfaat vaksin Covid-19 yang pertama adalah menciptakan respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Saat disuntik vaksin, sel B akan menempel pada permukaan virus Corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok.

Sel T membantu mencocokkan fragmen dengan sel B. Jika ada yang cocok, sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh.

2. Mencegah tertular virus
Manfaat vaksin Covid-19 lainnya adalah mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Suntikan vaksin akan merangsang sel tubuh manusia, terutama sel B yang memproduksi imunoglobulin. Akibatnya, tubuh individu akan kebal pada SARS-CoV-2.

3. Menghentikan penyebaran virus di tubuh
Manfaat vaksin Covid-19 berikutnya adalah menghentikan virus menyebar ke seluruh tubuh. Vaksin akan merangsang imun tubuh yang dihasilkan oleh sel B dan menghentikan virus Covid-19 masuk ke dalam tubuh.

BERITA TERKAIT