test

News

Jumat, 8 Januari 2021 14:35 WIB

Bos Mobil Listrik Elon Musk Dinobatkan Sebagai Orang Terkaya di Dunia

Editor: Ferro Maulana

Elon Musk. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Dengan kekayaan bersih mencapai lebih dari 185 miliar dolar AS (atau sekitar Rp2,573 ribu triliun), Elon Musk dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Kekayaan bos roket dan mobil listrik itu melampaui Kepala Eksekutif Amazon Jeff Bezos.

Berdasarkan data Bloomberg Billionaire Index, Jumat (8/1/2021), kekayaan Musk lebih tinggi 10 miliar dolar AS atau sekitar Rp 140 triliun dari kekayaan Bezos. Bloomberg mencatat, kekayaan Bezos sebesar 185 miliar dolar AS atau sekitar Rp 2.601 triliun.

Padahal sebelumnya 1,5 tahun lalu, Tesla mengalami kerugian besar. Belum lagi adanya kekhawatiran hukum, regulasi serta kekhawatiran atas kepemimpinan Musk.

Bos Mobil Listrik Elon Musk. (Foto: Dok Net)
Bos Mobil Listrik Elon Musk. (Foto: Dok Net)

Harga saham sudah meningkat lebih dari sembilan kali lipat selama setahun terakhir, membuat kenaikan yang substansial. Sedangkan, Amazon tetap lebih stabil.

Di awal tahun 2020, Musk memiliki kekayaan sekitar 27 miliar dolar AS atau Rp376 triliun. Ia harus puas masuk dalam 50 orang terkaya di dunia. Musk melampaui Warren Buffett pada bulan Juli, menjadi orang terkaya ketujuh di dunia, dan kemudian melampaui Bill Gates, menjadi yang terkaya kedua.

Adapun Musk telah memperoleh lebih banyak kekayaan selama setahun terakhir daripada seluruh kekayaan bersih bos Microsoft yang bernilai 132 miliar dolar AS atau Rp1,8 kuadriliun.

Sementara itu, saham Tesla Inc pada hari Sabtu kemarin mengalahkan Wall Street untuk pengiriman kendaraan tahunan. Tetapi, meleset dari target yakni setengah juta mobil pada tahun 2020 dan hanya mencapai 450 unit.

Kenaikan tajam saham tersebut didukung oleh laba lima kuartal berturut-turut, yang membantu produsen mobil listrik itu menonjol di industri otomotif global yang telah mengalami penurunan penjualan, kerugian per kuartal, dan gangguan rantai pasokan.

BERITA TERKAIT