test

News

Rabu, 6 Januari 2021 14:58 WIB

Wapres Harap Fatwa MUI Soal Vaksin Selesai 13 Januari 2020

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (Foto: PMJ News/Instagram @kyai_marufamin).

PMJ NEWS - Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap fatwa kehalalan vaksin Sinovac akan keluar sebelum 13 Januari 2021. Menurut dia, pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah bersepakat untuk mendistribusikan vaksin Sinovac ke publik.

"Masalah izin dan fatwa halal ini sudah ada kesepakatannya," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi saat konferensi pers penyampaian pernyataan Ma'ruf Amin di Istana Wapres Jakarta, Rabu, (6/1/2021).

Lebih lanjut Masduki menjelaskan selain fatwa MUI, Wapres Ma'ruf Amin dalam sertifikasi vaksin juga melibatkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) juga akan dilibatkan.

"Keputusan dihasilkan kesepakatan, terkait pendistribusian dan penggunaan vaksin Sinovac yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Wapres berharap sertifikasi bisa tuntas sebelum 13 Januari 2021," sambung Masduki.

Wapres Ma'ruf meyakini MUI dan BPOM adalah kunci terdistribusinya vaksin dengan aman terjamin mutu dan dilakukan merata. "Wilayah kita kan kepulauan. Jadi harus dilakukan sejak awal, uji lapangan tuntas, tapi memang masih harus nunggu," tukasnya.

BERITA TERKAIT