test

Politik

Jumat, 25 Oktober 2019 16:36 WIB

Ini Tugas Berat Jokowi ke Wamenlu

Editor: Redaksi

Presiden Jokowi dalam sebuah kesempatan. (Foto: Dok Net)

PMJ – Setelah resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Indonesia Maju, Mahendra Siregar mendapat tugas berat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah menguatkan diplomasi ekonomi dan membantu menyelesaikan berbagai perjanjian dagang.

"Pertama Mahendra Siregar (sebagai) Wakil Menteri Luar Negeri. Tugas khusus yaitu diplomasi ekonomi terutama yang berkaitan dengan perjanjian perdagangan dan investasi," kata Jokowi di Istana Kepresidenan saat mengumumkan nama-nama Wamen, Jumat (25/10/2019).

Dipilihnya mantan Wamen Keuangan 2011-2013 dan mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dari tahun 2013-2014 itu menurut Jokowi sudah sesuai dengan visi pemerintahannya yang ingin memperkuat diplomasi ekonomi.

Sebelumnya Indonesia sudah menyelesaikan perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif/ Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dengan sejumlah negara. Saat ini ada sekitar 15 perjanjian dagang yang belum selesai, khususnya dengan Uni Eropa.

"Ada 14-15 negara yang kita memerlukan perjanjian perdagangan, terutama dengan Uni Eropa," tegas Jokowi. (BHR)

BERITA TERKAIT