test

Olahraga

Jumat, 25 Desember 2020 14:55 WIB

Tanggapan PSSI Terkait Pembatalan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia

Editor: Ferro Maulana

Ketum PSSI M Iriawan atau Iwan Bule. (Foto: Dok Net).

PMJ NEWS -  Penyebaran pandemi Covid-19 kembali membatalkan event olahraga besar yang seharusnya digelar di Indonesia tahun depan. Yaitu, Piala Dunia U-20 yang seharusnya dilaksanakan di Indonesia tahun 2021 mendatang.

FIFA menyebutkan bahwa pandemi menjadi hambatan utama untuk diselenggarakannya kompetisi. Pembatasan perjalanan internasional menjadi alasan kenapa kompetisi dibatalkan.

Untuk diketahui, selain Piala Dunia U-20, Piala Dunia FIFA U-17 putra edisi 2021 juga dibatalkan serta proyeksinya akan dilaksanakan pada tahun 2023. Selain Indonesia, tuan rumah yang batal menggelar kompetisi yaitu Peru.

Sejauh ini FIFA telah berkonsultasi dengan pemangku kepentingan di negara tempat kompetisi bakal digelar. Tetapi, krisis global sangat tidak memungkinkan untuk dinormalisasi.

Mendengar pembatalan tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menghargai keputusan FIFA.

Dirinya sangat memaklumi bahwa FIFA membatalkan event dengan pertimbangan keselamatan bagi semua yang terlibat dalam kompetisi sebagai prioritas utama.

“PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA untuk membatalkan Piala Dunia U-20 FIFA pada tahun 2021," demikian pernyataan Iriawan, dilansir dari situs resmi PSSI. 

"Bersama dengan FIFA, INAFOC, dan kota-kota tuan rumah di seluruh Indonesia, PSSI berharap dapat bekerjasama dengan semua pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan turnamen edisi berikutnya pada tahun 2023," sambungnya. 

Iriawan menambahkan bahwa sebenarnya pihaknya sudah melakukan perencanaan yang matang menyambut penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

"Sebetulnya seluruh persiapan terkait penyelenggaraan dan menyambut Piala Dunia U-20 Indonesia tahun 2021, sudah kami lakukan dengan maksimal dan matang," paparnya. 

Iriawan berharap dengan dimundurkan jadwal Piala Dunia U-20 dapat menjadi hal positif bagi Timnas Indonesia. Shin Tae Yong dan yang lainnya bisa memanfaatkan waktu untuk bisa membangun tim agar lebih matang.

“Menyusul pembatalan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2021, Timnas yang akan kita persiapkan nantinya, dapat memanfaatkan waktu tambahan dan melanjutkan program untuk persiapan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2023," jelasnya. 

"Saya berharap semoga persiapannya bisa lebih menyeluruh, matang, dan nanti bisa menjadi juara,” pungkasnya. 

BERITA TERKAIT