test

News

Jumat, 25 Desember 2020 09:04 WIB

Libur Natal, KRL Jabodetabek Beroperasi Hingga Pukul 10 Malam

Editor: Hadi Ismanto

Salah satu moda transportasi di Jakarta, KRL commuter Line. (Foto: PMJ News/Hdi)

PMJ NEWS - Pada Hari Natal 2020, Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line akan beroperasi mulai pukul 04.00 WIB hingga 22.00 WIB, dengan 964 perjalanan.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menyebut jumlah pengguna KRL pada enam hari pertama pelaksanaan masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (18-23 Desember) mencapai 2.154.635 pengguna atau rata-rata setiap hari 359.106 pengguna.

"Selama libur panjang pada perayaan Natal dan Tahun baru kali ini, protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku," ungkap Anne Purba dalam keterangannya, Kamis (24/12/2020).

Ia menambahkan, protokol kesehatan 3M tetap wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas di stasiun maupun di dalam gerbong KRL. Dimana seluruh pengguna wajib menggunakan masker selama berada di dalam stasiun dan kereta.

PT KAI Commuter juga telah memasang wastafel tambahan di 80 stasiun yang melayani KRL untuk memudahkan pengguna mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL.

"Di seluruh stasiun dan rangkaian kereta juga telah tersedia marka sebagai pedoman posisi pengguna dalam mengantre, duduk, maupun berdiri selama dalam perjalanan," ujarnya.

Selain itu, seluruh rangkaian kereta setiap harinya dicuci dan disemprot cairan disinfektan usai beroperasi. Selama beroperasi, petugas juga rutin membersihkan bagian-bagian KRL maupun stasiun dengan cairan disinfektan.

Untuk para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan, namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL.

"KAI Commuter mengimbau para pengguna dapat mengatur perjalanannya dengan lebih fleksibel dan memiliki kesadaran untuk tidak naik ke dalam kereta yang telah terisi oleh para pengguna sesuai marka yang ada," tukasnya.

BERITA TERKAIT