test

Kesehatan

Sabtu, 19 Desember 2020 11:04 WIB

Studi: Makan di Luar Rentan Terpapar Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Pemprov DKI Jakarta izinkan restoran atau tempat makan bukan hingga pukul 12 malam. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Sebuah studi terbaru mengemukakan bersosialisasi dan makan di luar jauh lebih berbahaya daripada aktivitas lain seperti menggunakan transportasi umum atau berbelanja.

Peneliti Prancis menyebut menghabiskan waktu di bar atau restoran meningkatkan risiko tertular Covid-19. Selain itu, mengundang tamu untuk makan malam juga bisa menimbulkan penularan.

Para peneliti dari Institut Pasteur Prancis berusaha mencari tahu faktor-faktor seperti profesi, moda transportasi, tempat yang dikunjungi ini membedakan peserta yang tertular virus.

"Kami melihat peningkatan risiko yang terkait dengan mengunjungi bar dan restoran," ujar penulis utama yang juga seorang ahli epidemiologi dan anggota dewan ilmiah, Arnaud Fontanet, seperti dilansir laman AFP, Sabtu (1912/2020).

Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober dan November, selama periode awal jam malam dan bahkan pembatasan yang lebih ketat yang membuat sebagian besar perusahaan ditutup sebagian atau seluruhnya.

Peneliti ComCor mewawancarai 3.400 orang yang terinfeksi Covid-19 dan 1.700 lainnya yang tidak terinfeksi virus.

Mereka menemukan bahwa mengunjungi restoran, bar, atau gym dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi, sedangkan menggunakan transportasi umum dan mengunjungi toko tidak.

"Pertemuan pribadi - keluarga, teman adalah sumber utama penularan. Jika orang memiliki makan malam yang ramah di rumah mereka daripada pergi ke restoran, itu tidak ada bedanya," tukasnya

Para peneliti menekankan pentingnya mengatur pertemuan semacam itu dengan "cara yang paling aman" yaitu dengan 3M, untuk melindungi orang-orang yang rentan.

BERITA TERKAIT