test

News

Rabu, 16 Desember 2020 14:35 WIB

Hore…! Presiden Jokowi Gratiskan Vaksin Covid-19 Untuk Masyarakat

Editor: Etty Kadriwaty

Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram Jokowi)

PMJ NEWS - Persoalan besaran angka biaya vaksin Covid-19 sempat menjadi pembahasan di masyarakat umum. Banyak kalangan yang mengharapkan vaksin sebagai penangkal virus Corona ini bisa digratiskan oleh pemerintah. Dan harapan itu menjadi kenyataan. Presiden Jokowi mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis.

"Jadi, setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Jokowi saat menyampaikan perkembangan vaksin Corona melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu, (16/12/2020).

Jokowi kembali menegaskan bahwa seluruh masyarakat Indonesia tidak akan dikenakan biaya sama sekali saat nanti program vaksinasi Covid-19 dilaksanakan.

"Untuk itu saya instruksikan dan saya perintahkan kepada seluruh jajaran kabinet, kementerian, pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021," Jokowi melanjutkan.

Selanjutnya, Jokowi pun akan memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk merelokasikan dari anggaran lain terkait ketersediaan vaksin Covid-19 secara gratis.

"Sehingga tidak ada alasan untuk masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," ujarnya.

Jokowi juga mengatakan dirinya siap menjadi penerima pertama vaksin Covid-19 guna memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan adalah aman.

BERITA TERKAIT