test

Politik

Rabu, 16 Desember 2020 10:45 WIB

Peta Kekuatan Partai Politik Melihat Hasil Pilkada Serentak

Editor: Ferro Maulana

pilkada serentak pmj 3

PMJ NEWS -  Partai politik mulai mengumumkan kemenangan secara nasional di Pilkada Serentak 2020. Parpol mengumumkan kemenangan di sebagian 270 daerah yang melaksanakan Pilkada.

Hal itu berdasarkan hasil hitung cepat (atau quick count) internal partai. Kemudian, di sejumlah daerah Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengumumkan real count secara resmi.

KPU masih menghitung total suara di provinsi maupun kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada.

Berbagai parpol yang sudah mengklaim kemenangan di seluruh wilayah Indonesia yaitu Partai Golkar, Demokrat, NasDem, PPP dan PKS. Di bawah ini hasil klaim kemenangan parpol-parpol tersebut dari 270 daerah yang melaksanakan Pilkada.

Partai Golkar 61,11 Persen

Peringkat pertama, ada partai Golkar yang mengklaim kemenangan di 165 daerah. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengklaim, menurut hasil hitung cepat atau quick count pasangan yang diusung Golkar dinyatakan menang sebesar 61,11 persen suara (atau 165 daerah).

"Menurut hitung cepat (quick count) dari 270 wilayah yang menggelar pemilihan kepala daerah, pasangan yang didukung Golkar memenangi 165 daerah," ujar Airlangga dalam pernyataannya.

Partai Demokrat 57 Persen

Posisi kedua, terdapat nama Partai Demokrat yang mengklaim kemenangan di 147 daerah melaksanakan Pilkada. Sekretaris Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengaku partainya berhasil memenangkan 57 persen dalam Pilkada 2020 ini.

"Kesuksesan Pilkada bernilai penting dan strategis karena secara empirik berkorelasi erat dan berhubungan timbal balik dengan sukses Pileg dan sukses Pilpres," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

Partai Nasdem 54 Persen

Sekjen Partai Nasional Demokrat (NasDem), Johnny G Plate mengklaim, paslon yang diusung partainya berhasil unggul di 132 daerah (54 persen) yang menggelar Pilkada 2020. Ini berdasarkan data sementara yang dikumpulkan oleh Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem.

"Dari data sementara yang telah masuk, pasangan kepala daerah yang diusung oleh NasDem menang di 4 provinsi dan 128 kabupaten/kota," sambungnya.

PPP 48 Persen

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengklaim berhasil memenangkan 123 daerah di Pilkada 2020. Dengan rincian 94 daerah PPP menjadi pengusung, dan 29 daerah hanya menjadi pendukung. Data itu berdasarkan perolehan sementara per 11 Desember 2020.

"Total sementara ini PPP telah berhasil ikut memenangkan paslon dalam Pilkada di 123 daerah," terang Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani dalam keterangannya.

PKS 45 Persen

Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Laode Muhammad Rahmat Zaadi menerangkan, PKS berhasil memenangkan 122 dari 230 Pilkada yang diikuti di wilayah Tanah Air.

"Data yang sudah masuk 80 persen. Saat ini di berbagai daerah masih proses perhitungan di tingkat kecamatan. Kader kita terus mengawal perhitungan suara," jelasnya dalam keterangannya di Jakarta. 

BERITA TERKAIT