test

Kesehatan

Selasa, 15 Desember 2020 10:32 WIB

Kemenkes Siapkan 440 Ribu Nakes dan 23 Ribu Vaksinator Covid-19

Editor: Etty Kadriwaty

Vaksin Covid-19.(Foto: PMJ News/Ilustrasi/Fif)

PMJ NEWS - Pemerintah Indonesia terus bersiap untuk proses vaksinasi Covid-19. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) saat ini tengah menyiapkan 440 ribu tenaga kesehatan dan 23 ribu vaksinator untuk proses vaksinasi Covid-19 sampai ke seluruh wilayah Indonesia.

Dalam video yang diunggah di saluran Youtube BNPB, Oscar Primadi selaku Sekretaris Jenderal Kemenkes mengatakan, workshop persiapan bagi tenaga vaksinator untuk vaksinasi Covid-19 telah dilangsungkan bagi 29.635 orang dari 34 provinsi.

"Sampai dengan 5 Desember, dari data yang saya dapat, sudah dilakukan pelatihan sebanyak 12.408 orang, untuk 21 provinsi," ujar Oscar Primadi dalam pernyataan videonya, yang ditulis Selasa (15/12/2020).

"Artinya semua berjalan sesuai dengan rencana kita dan Insya Allah kesiapan-kesiapan itu, kita jaga dari sisi jumlah, dari sisi proporsional dari semua provinsi akan tercakup," lanjutnya.

Oscar juga menjelaskan bahwa Kemenkes telah meyiapkan sosialisasi mengenai Alat Pelindung Diri (APD) ke seluruh pelatihan vaksinator.

"Sekaligus penyediaan cold chain, logistik pendukung, termasuk APD level satunya," kata Oscar.

Tak saja persiapan vaksinasi, Oscar juga berharap edukasi mengenai vaksin Covid-19 bisa dilakukan dengan baik sampai ke daerah-daerah.

"Teman-teman di dinas kesehatan, di puskesmas, di ujung tombak fasyankes-fasyankes yang benar-benar jadi aktornya nanti," katanya.

 

BERITA TERKAIT