test

Kesehatan

Senin, 4 Mei 2020 09:04 WIB

Tangkal Corona, Kemenristek Uji Klinis Tiga Bahan Alami Ini

Editor: Hadi Ismanto

Menristek Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Screenshoot YouTube BNPB)

PMJ - Sistem kekebalan tubuh menjadi salah satu cara mencegah penularan virus Covid-19. Mengukur imun sehat atau tidak pun tentu sulit dilakukan yang terpenting adalah konsumsi bahan-bahan alami seperti jahe merah, jambu biji dan minyak kelapa murni.

Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional kini tengah melakukan uji klinis terhadap jahe merah, jambu biji dan minyak kelapa murni yang diharapkan dapat meningkatkan ketahanan tubuh dari paparan Covid-19.

Menristek Bambang Brodjonegoro menyebut pihaknya tengah melakukan uji klinis ketiga bahan-bahan alami. Bahan tersebut diantaranya jahe merah, jambu biji dan kemudian juga virgin coconut oil

"Kita sudah melakukan baik sistematic review, kemudian studi bioinformatika dan saat ini sedang melakukan uji klinis, terutama di Rumah Sakit Wisma Atlet," jelas Menristek Bambang Brodjonegoro di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (3/5/2020).

Menristek berharap nantinya ketiga bahan alami tersebuy bisa menjadi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, kandungan imunitas ini bisa mengatasi Covid-19.

"Paling tidak (dapat) meningkatkan daya tahan terhadap COVID-19 ataupun kemudian menghasilkan suplemen baru yang diharapkan bisa menumbuhkan daya tahan tubuh terhadap COVID-19," tuturnya.

Selain itu, kata Bambang, Kemenristek juga melakukan uji klinis terhadap pil kina dan bermacam obat yang direkomendasikan dari luar seperti avigan, chloroquine dan tamifludan.

"Pil kina sedang kita uji sebagai salah satu alternatif obat yang barangkali bisa meringankan beban penderita COVID-19," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT