test

News

Sabtu, 12 Desember 2020 08:38 WIB

Jelang Natal, Ini Kondisi Terkini Terminal Kalideres

Editor: Ferro Maulana

Terminal Kalideres. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Menyambut dan menjelang libur Natal, Terminal Kalideres Jakarta Barat belum mengalami peningkatan jumlah penumpang mudik di tahun ini.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen menjelaskan dua Minggu sebelum hari-H Natal, jumlah penumpang sekitar 300 orang per hari.

"Kalau dulu saat masih normal. Hari-hari begini bisa 1.600-1.700 penumpang," terang Revi kepada wartawan, di Jakarta. 

Lebih jauh, Revi menuturkan ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan penumpang, salah satunya ditiadakannya libur panjang pada akhir tahun.

Kemudian, pandemi Covid-19 membuat banyak penumpang langganan di terminal tersebut pulang kampung dan tidak tinggal lagi di Jakarta.

Kebanyakan, penumpang langganan di Terminal Kalideres berasal dari tujuan Kota Lampung, Padang, Palembang dan kota-kota lainnya di Provinsi Jawa Tengah.

"Kalau dulu hari libur long weekend penumpang Lampung, atau Jawa Tengah banyak. Mungkin mereka kena PHK (pemutusan hubungan kerja). Jadi dia sudah di kampung dan nggak balik ke Jakarta," ujar Revi.

Sementara itu, bus-bus yang biasanya terlihat memadati terminal kini hanya datang bergantian menunggu sembari menunggu cukupnya jumlah penumpang, dan sisanya bersiaga di pangkalan.

Bila dahulu pada hari biasa sebanyak 170 bersiap mengangkut penumpang, sekarang rata-rata hanya 80-100 unit bus per hari.


BERITA TERKAIT