test

News

Rabu, 25 Desember 2019 14:54 WIB

Tol Jakarta-Cikampek Elevated Efektif Bantu Arus Mudik Natal 2019

Editor: Ferro Maulana

Ilustrasi Jalan Tol (foto: PMJ/Fif)

PMJ - Menurut evaluasi pelayanan arus mudik Natal 2019, Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated terbukti efektif untuk membantu pelayanan arus mudik Natal 2019. Hal itu terbukti dari peningkatan volume lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek setiap harinya dalam periode mudik Natal yang sukses didistribusikan ke Jalan Tol Japek II Elevated.

"Selama tiga hari periode mudik Natal 2019 (20-23 Desember 2019), tercatat total 358 ribu kendaraan melewati Jalan Tol Japek dan Jalan Tol Japek II Elevated,” terang Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu (25/12/2019).

“Sebanyak 117 ribu kendaraan atau 33 persen dari total kendaraan tersebut memilih untuk menggunakan Jalan Tol Japek II Elevated," ujarnya menambahkan.

Kemudian Jasa Marga juga mencatat laju tertinggi yang melewati Japek Elevated terjadi pada hari Jumat (20/12/2019) yaitu sebanyak 34 persen atau 41.000 kendaraan dari total 124 ribu kendaraan.

Selain itu, dari sisi pengukuran kecepatan untuk segmen Cikunir sampai Karawang Barat pada periode 20-23 Desember 2019, terjadi peningkatan kecepatan arah Cikampek bagi pengguna jalan Jalan Tol Japek II Elevated, yaitu mencapai 62 Km/jam ketimbang Jalan Tol Japek eksisting mencapai 58 Km/jam.

Secara umum, beberapa aspek yang menjadi evaluasi, yakni terjadinya antrian jelang pertemuan arus lalu lintas Jalan Tol Japek dan Japek II Elevated di KM 48, serta kepadatan pengguna jalan yang akan menggunakan rest area setelah melalui Jalan Tol Japek II Elevated, yaitu Rest Area Km 50 dan Km 57.

Sedangkan, dalam mencairkan kepadatan akibat pertemuan lalu lintas tersebut, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow Km 47 sampai Km 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sebagai penambahan kapasitas lajur.

Perlu antisipasi bagi pengguna jalan untuk mempersiapkan diri dan kendaraan sebelum menggunakan jalan tol layang terpanjang ini dikarenakan ketiadaan rest area. Salah satunya yang paling penting yakni memastikan kecukupan BBM karena kehabisan BBM cukup sering terjadi di Jalan Tol Japek II Elevated selama periode mudik Natal 2019.

"Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik Anda," tandasnya. (JM/ FER).

BERITA TERKAIT