test

News

Kamis, 3 Desember 2020 15:07 WIB

Ribuan Buruh di Kawasan Industri Bekasi Jalani Tes Swab Massal

Editor: Ferro Maulana

Tes Swab. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ NEWS -  Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah menjelaskan ribuan buruh mulai menjalani tes swab massal di Kawasan Industri MM2100, Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, hal ini menjadi kali pertama dari rencana 12.000 tes usap massal yang diperuntukkan bagi karyawan pabrik di Kawasan industri terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Lanjutnya, untuk tes swab pekan pertama dilakukan hari ini, dan pekan depan akan terus berlanjut hingga jumlah 12.000 ribu buruh tercapai.

”Hari pertama ini sebanyak dua ribu buruh yang mengikuti tes swab,” ujar Alamsyah, Kamis (3/11/2020).

Tes massal ini dilaksanakan Gugus Tugas Covid-19 Pusat dengan bekerjasama Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bekasi. Tes massal terhadap buruh dilakukan karena tingginya tingkat paparan Covid-19 di klaster industri.

Dalam kali pertama ini, tes dibagi dua sesi yakni pagi dan siang yang masing-masing berjumlah 1.000 buruh. Ribuan buruh yang menjalani tes usap ini berasal dari sedikitnya 70 perusahaan di Kawasan MM2100.

”Jadi ada 70 perusahaan yang mengajukan tes, kemudian dibagi-bagi. Setiap perusahaan ada 100 sampai 150 karyawan yang dites. Sistemnya random namun nantinya diharapkan mampu mengetahui lebih lanjut dari klaster industri ini,” pungkasnya.

 

BERITA TERKAIT