test

Regional

Rabu, 2 Desember 2020 12:35 WIB

Diimbau Tak Beraktivitas Radius 1 Km, Ini Kondisi Terkini Gunung Semeru

Editor: Ferro Maulana

Erupsi Gunung Semeru. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Raditya Jati mengungkapkan, kondisi terkini sekitar Gunung Semeru, hari ini Rabu (2/12/2020), pada pukul 00.00 sampai pukul 06.00 WIB, dimana gunung terlihat jelas dan asap kawah tidak teramati.

"Dan awan panas guguran teramati dengan jarak luncur 2.500 meter ke arah tenggara. Parameter aktivitas lainnya yaitu tremor 2 kali dengan durasi berkisar 1.798 hingga 2.400 detik," ungkap Raditya dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (2/12/2020).

Menurutnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 km, dan wilayah sejauh 4 km.

Hal itu disebabkan, di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif, yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru (Jongring Seloko) sebagai alur luncuran awan panas.

"Satu orang diduga hilang dan masih dalam konfirmasi petugas di lapangan. Warga diminta untuk mewaspadai gugurnya kubah lava di Kawah Jongring Seloko," pungkasnya.

 

BERITA TERKAIT