test

News

Selasa, 1 Desember 2020 19:31 WIB

Bangga, Ibu Negara Turki Emine Erdogan Kenakan Masker Batik Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Ibu Negara Turki Emine Erdogan mengenakan masker batik tulis berbahan sutera khas Yogyakarta. (Foto: PMJ News/Instagram @emineerdogan),

PMJ NEWS - Bangga sebagai bangsa Indonesia. Bagaimana tidak, Ibu Negara Turki Emine Erdogan mengenakan masker batik tulis berbahan sutera khas Yogyakarta. Masker tersebut nampak serasi menempel di wajah Emine, tanpa mengurangi kewibawaannya

Seperti dilihat dari laman instagram Emine Erdogan @emineerdogan, momen itu terabadikan saat sang ibu negara menerima kunjungan Ibu Negara Nigeria, Hadja Aissata, di Komplek Istana Kepresidenan Cumhurba?kanl??? Külliyesi, Kota Ankara belum lama ini.

Istri Presiden Recep Tayyip Erdogan tersebut memang dikenal begitu menyukai koleksi tekstil tradisional. Tak jarang ia terlihat mengenakan masker batik bermotif parang pada berbagai kegiatan resmi.

Sebagai informasi, masker batik yang digunakan Emine Erdogan adalah hadiah dari Duta Besar RI untuk Republik Turki kepada Presiden Erdogan yang disampaikan pada Agustus 2020 dalam rangka HUT ke-75 kemerdekaan RI sekaligus perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki.

Semula kita merencanakan menyelenggarakan sejumlah kegiatan peringatan HUT ke-75 RI dan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki. Namun karena adanya wabah, kita harus berinovasi," ungkap Koordinator Fungsi Polpensosbud KBRI Ankara, Dion Swasono belum lama ini.

Dengan mengirimkan masker batik tulis sutera, KBRI Ankara merayakan keduanya dengan cara yang elegan, yaitu mempromosikan batik sekaligus menunjukkan sensibilitas terhadap kebutuhan protokol kesehatan.

"Inisiatif mengirimkan masker batik tulis sutera tersebut adalah sebagai bentuk promosi batik tulis yang juga memenuhi kebutuhan penerapan protokol kesehatan saat ini," sebutnya.

Tak hanya Ibu Negara Turki, masker batik tulis berbahan sutera itu rupanya dikenakan oleh sejumlah menteri kabinet dan tokoh politik Turki. Hal itu terlihat dalam berbagai acara kenegaraan dan diplomatik di Turki dalam beberapa bulan terakhir.

BERITA TERKAIT