test

News

Minggu, 31 Oktober 2021 09:09 WIB

Kemitraan Ekonomi, Presiden Turki Akan ke Indonesia Tahun Depan

Editor: Ferro Maulana

Presiden Jokowi bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Instagram Jokowi)

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo telah bertemu dengan mitranya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, di sela-sela KTT G20 di Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021) waktu setempat. 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi dan Erdogan membahas rencana pertemuan bilateral di Jakarta pada tahun 2022 mendatang. 

Jokowi pun sudah menerima laporan hasil kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Turki berkenaan rencana kunjungan itu. 

"Saya menantikan kunjungan Yang Mulia ke Indonesia sekitar bulan Januari atau Februari 2022," terang Jokowi, Minggu (31/10/2021) pagi WIB. 

"Saya yakin kunjungan Yang Mulia akan makin mempererat hubungan Indonesia-Turki. Kita tugaskan Menteri Luar Negeri kedua negara untuk mempersiapkan kunjungan dengan baik," sambungnya. 

Selanjutnya, kedua pemimpin juga menugaskan para Menlu untuk mempersiapkan peluncuran mekanisme strategis tingkat tinggi atau high level strategic mechanism. 

Berikutnya, dibahas pula rencana pembentukan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia dan Turki (IT-CEPA). 

Jokowi sangat yakin IT-CEPA akan memperkokoh kerja sama ekonomi kedua negara.

"Saya sarankan agar kita menugaskan Menteri Perdagangan masing-masing untuk segera mempercepat perundingannya," ucap Jokowi. 

"Tentu akan sangat baik jika IT-CEPA menjadi salah satu deliverable dari kunjungan Bapak Presiden tahun depan," tuturnya menambahkan. 

Sebagai informasi, dalam pertemuan tersebut Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Retno Marsudi. 

BERITA TERKAIT