test

News

Selasa, 1 Desember 2020 11:27 WIB

Polri: Teroris Jamaah Islamiyah Pakai Uang Kotak Amal di Minimarket

Editor: Hadi Ismanto

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS - Polri mengungkap fakta bahwa kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) menggunakan uang yang berada di dalam kotak amal di minimarket sebagai salah satu sumber dana.

Pernyataaan tersebut diungkap kepolisian setelah melakukan pemeriksaan mendalam terhadap 24 anggota Jamaah Islamiyah yang ditangkap selama periode Oktober-November 2020.

"Penyalahgunaan fungsi dana kotak amal yang kami temukan terletak di minimarket yang ada di beberapa wilayah di Indonesia," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono saat dikonfirmasi pada Selasa, (1/12/2020).

Menurut Awi, dana diperuntukkan untuk menerbangkan para teroris ke Suriah dalam rangka pelatihan militer dan taktik teror. Selain itu, digunakan juga untuk membeli senjata dan bahan peledak yang akan digunakan untuk melakukan aksi amaliyah atau jihad.

"Kemudian untuk menggaji para pemimpin markaziyah JI," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang pria terduga teroris berinisial AD (41) ditangkap Tim Detasemen khusus 88 di Komplek Perumnas Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang pada Senin, (30/11/2020) malam. Diduga teroris ini merupakan jaringan Jamaah Islamiyah.

"Benar. Kita (Polda Sumsel) back up saja. Sekarang sudah dibawa ke Jakarta ya,” kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Hendri.

BERITA TERKAIT