test

Kesehatan

Kamis, 11 Juni 2020 10:02 WIB

Riset, Golongan Darah Tertentu Kebal Terhadap Virus Corona

Editor: Hadi Ismanto

Penambahan kasus positif Covid-19 masih belum mereda. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Fif)

PMJ - Sebuah penelitian terbaru mengemukan bahwa seseorang yang memiliki golongan darah tertentu memiliki sistem kekebalan tubuh alami dari virus corona (Covid-19).

Pada April 2020, perusahaan pengujian genetic 23andMe mulai menggunakan layanan pengujiannya untuk membantu para ilmuwan untuk lebih memahami genetika dapat berperan pada Covid-19.

Beberapa orang dengan genetika tertentu yang terinfeksi Covid-19 dapat mengembangkan infeksi parah. Sementara beberapa orang lainnya menunjukkan gejala ringan atau sedang, bahkan ada yang tidak memiliki gejala sama sekali.

Seperti dilansir laman Fox News, Kamis (11/6/2020), pada awal pekan ini perusahaan tersebut merilis hasil awal penelitian yang telah melibatkan lebih dari 750 ribu peserta.

"Data awal dari studi genetic Covid-19 yang sedang berlangsung di 23andMe tampaknya memberikan lebih banyak bukti tentang pentingnya golongan darah seseorang yang ditentukan oleh gen ABO dalam perbedaan kerentanan terhadap virus," sebut mereka.

Darah tipe O dapat melindungi tubuh terhadap Covid-19. Bahkan hasil awal menunjukkan bahwa orang dengan darah tipe O memiliki 9-18 persen lebih kecil terinfeksi Covid-19 dibandingkan dengan jenis darah lainnya.

"Temuan ini bertahan ketika disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, etnis dan komorbiditas. Tampaknya ada sedikit perbedaan dalam kerentanan di antara golongan darah lainnya," jelas Peneliti Utama, Adam Auton.

"(Selain itu) ada juga beberapa laporan tentang hubungan antara Covid-19, pembekuan darah dan penyakit kardiovaskular," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT