test

Kesehatan

Jumat, 26 Juni 2020 10:02 WIB

Pakai yang Benar, Bisa Saja Maskermu Tidak Aman

Editor: Hadi Ismanto

Penggunaan masker dengan benar bisa menghindarkan penularan virus corona (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Hdi)

PMJ - Mengenakan masker selama masa pandemi Covid-19 sepertinya sudah menjadi satu keharusan. Pemakaian APD yang satu ini dianjurkan dalam protokol kesehatan. Penggunaan dinilai bisa menghindarkan seseorang diri virus corona.

Pemakaiannya masker diwajibkan oleh beberapa pihak berwenang dan dianggap sebagai salah satu bentuk pertahanan terbaik oleh CDC. Tapi satu kesalahan bisa saja membuatnya kurang efektif seperti misalnya batuk di dalam masker berulang kali.

Seperti dilansir di laman Times of India, Jumat (26/6/2020), masker tidak dapat menghentikan semua droplet yang Anda sebarkan ketika batuk. Masker memang dapat menghentikan penyebaran droplet, namun terkadang droplet dapat menempuh jarak hingga tiga kaki.

Sebuah riset dilakukan para ilmuwan University of Nicosia di Siprus, AS menggunakan model komputer untuk mempelajari seberapa jauh droplet dapat menyebar. Hasilnya, dengan masker kualitas bagus pun masih memungkinkan droplet menempuh jarak tertentu.

Hal ini terjadi karena adanya tekanan udara yang menumpuk ketika Anda mengenakan masker sehingga mengeluarkan droplet tertentu. Droplet terkecil mampu melontar hingga jarak terjauh.

Kendati begitu, penelitian tersebut masih membutuhkan dukungan yang lebih ilmiah. Mengenakan masker secara efektif mengurangi jumlah air liur ketika seseorang batuk. Orang sakit yang memakai masker, membuat orang lain yang sehat lebih terlindungi.

Pada saat yang sama, Anda juga harus memakainya dengan benar. Jangan sampai longgar. Jangan sering menyentuh masker dengan tangan atau melepasnya ketika berbicara. Praktikkan pula jarak sosial dan sebisa mungkin menghindari keramaian.

Ada banyak jenis masker yang tersedia di pasaran. Sementara ini, masker N95 memberikan tingkat perlindungan tertinggi. Sementara, masker kain memiliki keuntungan dapat digunakan kembali.(Hdi)

BERITA TERKAIT