test

Kesehatan

Kamis, 2 Juli 2020 14:47 WIB

34 Provinsi, Persentase Kesembuhan Pasien Covid-19 di Indonesia Capai 44 Persen

Editor: Ferro Maulana

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. (Foto: Dok Net/ Ist)

PMJ - Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan paling tinggi angka kesembuhan di suatu provinsi ada yang mencapai sampai di atas 80 persen.

Jadi persentase kesembuhan pasien virus corona (Covid-19) di Tanah Air mencapai 44 persen. Angka tersebut merupakan akumulasi dari 34 provinsi yang ada.

"Ada lebih dari 13 provinsi yang angka sembuhnya bahkan sudah di atas 70 persen. Ada yang 86 persen,” tutur Yuri dalam pernyataan resmi melalui virtual BNPB, di Jakarta, Kamis (02/06/2020).

“Walaupun ada juga yang provinsi angka sembuhnya baru 12 atau hampir 13 persen. Ini artinya kita harus lihat angka Indonesia akumulasi dari seluruh Provinsi," ujarnya menambahkan.

Menurut Yuri, provinsi paling tinggi angka kesembuhannya di Bangka Belitung sebesar 86,5 persen. Demikian juga provinsi Yogyakarta dan Lampung yang berada di atas 80 persen.

"Yang masih rendah Maluku Utara. Karena kita tahu ledakan kasusnya baru kita dapatkan dalam dua hari terakhir. Karena itu dalam dua hari ini lah tingkat hunian rumah sakitnya naik," ungkapnya.

Masih dari penjelasan Yuri, faktor angka kesembuhan naik karena perawatan rumah sakit kepada pasien lebih baik.

Hal ini disebabkan karena beban layanan rumah sakit, salah satu indikatornya tingkat hunian tempat tidurnya hanya terisi setengahnya. Rata-rata nasional hanya 55,6 persen.

"Itu berarti sumber daya yang ada, tenaga kesehatan bisa lakukan layanan perawatan secara optimal, tidak terlalu capek. Kemudian kita sudah lihat masyarakat semakin bagus merespon. Sehingga yang masuk ke rumah sakit kebanyakan dengan gejala ringan yang sedang, jarang yang berat," pungkasnya. (FER).

BERITA TERKAIT