test

Kesehatan

Jumat, 3 Juli 2020 22:00 WIB

Capai 70 Ribu Kasus, Dokter Reisa Berikan Solusi Pencegahan DBD

Editor: Ferro Maulana

PMJ –  Laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) hingga pekan ke-27 di tahun 2020 ini, telah mencapai lebih dari 70 ribu kasus.

Sedangkan untuk angka kematiannya dilaporkan sudah hampir 500 orang dinyatakan meninggal dunia. Hal tersebut tentu menjadi tantangan berat bagi pemerintah RI dalam menekan angka kasus DBD, sekaligus tetap berupaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

Karena itu, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, dokter Reisa Broto Asmoro pun mengimbau masyarakat untuk senantiasa membersihkan lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka, demi mencegah gigitan nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.

Solusinya yaitu, dengan menerapkan 3M plus. Antara lain, menguras penampungan air bersih dan mengeringkan genangan air, menutup kolam atau wadah penampungan air, serta mengubur barang bekas atau mendaur ulang limbah bekas agar tidak menjadi sarang nyamuk.

"Agar lebih efektif berkoordinasilah dengan pihak pengelola lingkungan. Untuk memberantas sarang nyamuk di area pemukiman," terang Reisa dalam konferensi pers di BNPB, Jumat (03/07/2020).

Lebih jauh, menurut Reisa, di era New Normal, terutama bagi warga yang masih menjalankan Work From Home (WFH) tentunya mempunyai lebih banyak kesempatan untuk melakukan tindakan pencegahan DBD. (FER).

BERITA TERKAIT