test

News

Minggu, 15 September 2019 21:04 WIB

Ini 5 Dampak Buruk Kabut Asap untuk Kesehatan

Editor: Redaksi

Kasus kebakaran hutan di Indonesia (Foto: PMJ/Ilustrasi Fifi).
PMJ - Hingga saat ini, kabut asap masih menyelimuti sejumlah wilayah di Sumatera dan Kalimantan. Masyarakat diharap berhati-hati lantaran hal tersebut dapat menimbulkan sejumlah penyakit. Berikut ini 5 gangguan yang di akibatkan oleh Kabut Asap kebakaran hutan:
  1. Iritasi pada mata, hidung dan tenggorokan serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan infeksi.
  2. Memperburuk penyakit asma dan penyakit paru kronis lainnya seperti bronkitis kronis, PPOK dan lainnya. Kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan orang mudah lelah serta mengalami kesulitan dalam bernafas.
  3. Bagi mereka yang berusia lanjut dan anak-anak dengan daya tahan tumbuh rendah akan lebih rentan untuk mendapatkan gangguan kesehatan.
  4. Bahan polutan pada kabut asap pembakaran hutan yang jatuh ke permukaan bumi juga mungkin dapat menjadi sumber polutan di sarana air bersih dan makanan yang tidak terlindungi. Bila air dan makanan itu dikonsumsi, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan.
  5. Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ASPA) jadi lebih mudah terjadi karena ketidakseimbangan daya tahan tubuh, pola bakteri atau virus dan lainnya, penyebab penyakit dan buruknya lingkungan. (BHR)

BERITA TERKAIT