test

Kesehatan

Sabtu, 2 November 2019 20:20 WIB

Pentingnya Gunakan Masker untuk Lawan Asap Kebakaran Hutan dan Polusi Udara

Editor: Redaksi

Warga dianjurkan tidak memakai masker saat berolahraga (Foto: Dok Net)

PMJ – Kebakaran hutan kini bukan hanya terjadi di Indonesia, namun juga di California Amerika Serikat, Rusia, hingga hutan Amazon di Brasil. Berikut adalah informasi pentingnya menggunakan masker untuk melawan asap kebakaran hutan dan polusi udara sehari-hari demikian menurut ahli kesehatan.

Dr. Robert Blount dari Unversity of California San Fransisco mengatakan kepada Healthline bahwa menggunakan masker pada kehidupan sehari-hari dapat sangat membantu mem-filter hal-hal yang “padat” yang terbawa di asap dan polusi udara.

"Asap api liar memiliki proporsi partikel yang lebih tinggi di udara - materi yang sangat padat - yang dapat disaring," kata Blount.

Departemen Kesehatan Masyarakat California juga menginformasikan bahwa masker polusi udara yang dapat dibeli di minimarket tersebar di jalanan Indonesia pada umumnya pun mungkin tidak cukup untuk melawan asap kebakaran.

Badan tersebut menjelaskan bahwa masker yang dapat melawan polusi asap kebakaran hutan adalah masker tipe N95 atau P1000 yang memiliki efisiensi filter “setidaknya 95 persen dari partikel yang sangat kecil,”.

Masker-masker tersebut sangat membantu mengeluarkan partikel berbahaya terutama bagi anak-anak dan lansia yang memiliki sistem pernafasan lebih rendah.

Selain itu, masker tersebut juga penting untuk digunakan bagi orang-orang yang memiliki sistem imun rendah, karena polusi udara sedikitpun juga dapat menyebabkan flu, diare, hingga muntah-muntah. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT