test

News

Kamis, 24 Oktober 2019 17:00 WIB

Bagikan Menu Diskriminatif untuk Wanita, Restoran di Peru Didenda Rp874 Juta

Editor: Redaksi

Restoran La Rosa Nautica di Lima, Peru. (Foto: Dok Net).

PMJ – Restoran La Rosa Nautica di Lima, Peru didenda 56.000 euro (atau sekitar Rp874 juta), Rabu (23/10/2019) waktu setempat, akibat penjualan diskriminatif dengan membagikan menu tanpa harga untuk pelanggan wanita namun lengkap dengan harga untuk pria.

Restoran yang penuh dengan turis asing serta wisatawan lokal di negara Amerika Selatan tersebut dikenakan denda oleh Pemerintahan Peru yang telah memutuskan praktik tersebut sebagai diskriminasi terhadap perempuan.

La Rosa Nautica membedakan menunya, dengan satu yang berwarna emas tanpa dikenakan harga dan diberikan kepada wanita. Sedangkan berwarna biru yang dikenakan harga dan diberikan kepada pria.

Meskipun tampak seperti memanjakan wanita, praktik tersebut sesungguhnya secara fundamentalis mengganggap bahwa wanita adalah makhluk yang tidak dapat membayar makanannya sendiri.

"Hal-hal kecil ini mungkin tampak tidak berbahaya. Tapi pada akhirnya mereka adalah dasar dari konstruksi chauvinistik yang memperkuat perbedaan antara pria dan wanita " demikian kata Lilliana Cerrón, dari Institut Nasional untuk Persaingan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual yang mengeluarkan denda, Senin. (21/10/2019) waktu setempat.

Selain memberikan denda, badan tersebut juga mengharuskan restoran tersebut harus memberikan memberikan kepada wanita menu yang sama dengan “akses ke daftar hidangan yang sama dengan harga termasuk", serta melatih semua staf untuk tidak membiarkan penjualan diskriminatif terjadi lagi. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT